Friday, November 11, 2011

9 Sumber Vitamin D

Manfaat vitamin D, bukan hanya sebagai penguat tulang namun juga pencegah berbagai penyakit. Untuk mendapatkan seluruh manfaat tersebut, kita disarankan untuk mengonsumsi 400 IU vitamin D setiap hari dan 200 IU untuk remaja kurang dari 18 tahun.

Kekurangan vitamin D terkait dengan berbagai penyakit kronik, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, multipel sklerosis, serta penurunan daya ingat. Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D melalui sumber-sumber berikut ini :
Sinar matahari
Sekitar 80 persen vitamin D yang dibutuhkan berasal dari sinar matahari. Waktu yang disarankan untuk berjemur sekitar pukul 06.00 - 09.00 ke seluruh bagian tubuh selama 10 menit. Untuk mencegah risiko kanker kulit, hindari sinar matahari  pukul 09.00 - 15.00.
Minyak ikan  Suplemen minyak ikan memiliki rasa yang tidak enak. Namun saat ini  tersedia aneka variasi suplemen minyak ikan yang  lebih enak di lidah. Suplemen minyak ikan selain kaya omega-3 ternyata juga mengandung vitamin D yang  tinggi.

Ikan salmon
 Ikan ini kaya akan omega-3. Tersedia dalam bentuk ikan beku, segar atau kalengan. Ikan salmon ternyata mengandung vitamin D empat kali lebih banyak dibanding produk pertanian.

Tuna
Tuna merupakan jenis ikan laut yang juga kaya akan vitamin D, selain juga tinggi protein dan omega-3.

Susu
Susu sapi, baik itu yang full lemak atau skim, secara alamiah mengandung vitamin D dan juga diperkaya  nutrisi penting lainnya. Satu gelas susu mengandung sekitar 100 IU vitamin D.

Sereal
Kebanyakan  sereal siap makan yang beredar di pasaran sudah difortifikasi  vitamin D. Kombinasikan sereal Anda dengan susu yang kaya vitamin D sebagai bagian dari menu sehat anda setiap hari.

Telur
Dengan kandungan vitamin D sekitar 21 IU dalam kuning telur dan protein murni dalam bagian putihnya, telur merupakan nutrisi yang wajib dikonsumsi.

Jamur
Menurut sebuah riset, jamur kancing putih yang diekspos dengan sinar ultraviolet B selama beberapa jam memiliki kandungan vitamin D sekitar 400 persen lebih tinggi.

Udang
Udang adalah sumber omega-3 yang tinggi protein namun rendah lemak dan kalori. Udang yang disajikan dalam takaran 85 gram mengandung 129 IU vitamin D.
Semoga informasi ini bermanfaat laddies

Ditulis Oleh : All About Women // 4:12 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment