Monday, January 2, 2012

Jenis Bumbu Dapur Dasar

Seorang wanita ada baiknya mengetahui berbagai jenis bumbu dapur dasar, untuk itu saya akan menampilkan beberapa jenis bumbu dapur yang wajib  anda ketahui :
1. Asam Jawa
Cara menggunakan asam jawa yang benar dalam memasak adalah gunakan air asamnya saja, caranya rendam dalam air hangat, aduk lalu saring. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin menggunakannya langsung secara utuh. Asam jawa berfungsi untuk memberi rasa masakan menjadi lebih mewah. Yang banyak digunakan dan dijual di pasaran adalah asam yang sudah tua tanpa kulit dan tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup. Contoh masakan : sayur asam.
 2. Asam Kandis
Asam kandis memiliki ciri berwarna kehitaman dan kering. Biasakan digunakan dalam masakan orang Sumatera. Dapat disimpan tahan lama dalam wadah tertutup. Contoh masakan : asam padeh, gulai aceh, pindang kuah.
3. Bawang Merah
Bawang merah adalah bumbu dapur yang paling banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan tradisional Indonesia. Saat ini juga terdapat bawang merah yang dikhususkan untuk membuat bawang goreng, teksturnya lebih ramping dan berwarna pucat. Cara penggunaan dalam masakan adalah dapat diiris atau digiling halus.
4. Bawang Putih
Seperti halnya bawang merah, bawang putih pun termasuk bumbu dapur yang banyak digunakan. Bisa diiris atau dikeprak sebelum digunakan bersama bumbu dapur lainnya. Bawang putih yang sudah dikupas dapat disimpan tahan lama dalam wadah tertutup yang kering dan taruh di dalam kulkas bagian bawah, jangan dicampurkan dengan bahan sayuran lainnya yang berkondisi basah.
 5. Kemiri
Agar kemiri tahan lama disimpan, sebaiknya disangrai terlebih dahulu hingga berwarna agak kecokelatan. Simpan dalam wadah tertutup dan siap digunakan kapan saja. Kemiri digunakan untuk membuat masakan menjadi gurih.
 6. Cabai Merah
Cabai merah terdiri dari dua macam, yaitu cabe merah besar dan cabe merah keriting. Jika suka dengan masakan yang tidak terlalu pedas dan warna masakan lebih menarik, gunakan cabe merah besar. Namun jika doyan masakan yang pedas-pedas, gunakanlah cabe merah keriting tetapi warna masakan yang dihasilkan tidak terlalu merah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, padukan kedua jenis cabe tersebut dalam satu masakan.
7. Daun Salam
Daun salam digunakan sebagai pengharum masakan. Boleh digunakan daun salam utuh yang masih segar (baru dipetik) atau yang sudah kering dikarenakan rasa masakan yang akan dihasilkannya sama saja.
8. Jahe
Jenis jahe yang banyak digunakan untuk bumbu masakan adalah jahe kuning, dikarenakan rasa dan aromanya cukup tajam. Cara penggunaannya biasanya dimemarkan terlebih dahulu. Dapat digunakan dalam bentuk irisan ataupun digiling halus menggunakan chopper bersama bumbu dapur lainnya.
 9. Kapulaga Putih
Kapulaga putih adalah salah satu rempah yang banyak digunakan untuk bumbu masakan seperti kari atau gulai. Kapulaga putih berfungsi membuat rasa masakan menjadi lebih sedap.
10. Kencur
Tekstur kencur lebih kecil, warna kulitnya cokelat (baca: agak gelap) dan warna dagingnya putih kekuningan. Aromanya sangat khas dan digunakan untuk masakan tertentu seperti membuat aneka peyek. Jika ingin tahan lama,simpan dalam wadah yang kering.
11. Ketumbar
Jika ingin mendapatkan aroma ketumbar yang tajam, sebaiknya disangrai dulu sebelum dihaluskan bersama bumbu dapur lainnya.
12. Kunyit
Kunyit yang berwarna kuning ini akan lebih mudah dikupas kulitnya jika dibakar dulu hingga berwarna kehitaman. Selain membuat warna masakan menjadi menarik (baca: orange menyala), kunyit juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis dari masakan. Kunyit sebaiknya disimpan dalam wadah terbuka dan kering. Jika ingin praktis dan tidak suka jari terkena warna kuning dari kunyit, sudah banyak dijual kunyit bubuk di pasaran.
13. Lengkuas
Tekstur lengkuas hampir mirip dengan jahe tetapi warna kulitnya terang kemerahan dan dagingnya agak keras jika dipotong. Biasa dikeprak terlebih dahulu sebelum digunakan dalam masakan.
14. Merica
Merica termasuk bumbu dapur yang harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ingin praktis, sekarang ini sudah banyak dijual merica bubuk di pasaran yang siap pakai.
15. Pala
Pala merupakan jenis rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Aromanya yang khas biasa digunakan untuk membuar semur. Cara penggunaannya dalam masakan adalah diiris, cukup sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak karena pala ini memiliki aroma yang cukup tajam.
16. Serai
Seperti halnya daun salam, serai juga berfungsi sebagai pengharum masakan. Cara penggunaannya dikeprak terlebih dahulu sebelum digunakan.
Semoga informasi di atas berguna Ladies

Ditulis Oleh : All About Women // 3:33 PM
Kategori:

1 komentar: