Tuesday, March 6, 2012

Manfaat dari Daun Pandan

Pandan memiliki banyak manfaat bagi kita. Ada beberapa jenis pandan, namun yang dimaksud pandan di sini adalah pandan wangi yang kerap digunakan untuk pengharum masakan di dapur
Kandungan kimia daun pandan adalah alkaloid, saponin, flavoida, tanin dan polifenol. ini membuat daun pandan mampu untuk mengatasi beberapa masalah berikut:
  1. Panu. Tumbuk segenggam daun pandan. Ambil airnya dan campur dengan sedikit garam. Minum sehari sekali dan lakukan tiga hari berturut-turut.
  2. Darah tinggi. Ambil daun pandan secukupnya, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 1/2 gelas di pagi hari dan 1/2 gelasnya di sore hari. Perlahan-lahan tekanan darah akan normal.
  3. Penambah nafsu makan. Potong kecil-kecil 10 gram daun pandan wangi segar. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit hingga tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari. 
  4. Lemah saraf. Cuci 3 lembar daun pandan, potong kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring kemudian minum pagi dan sore (masing-masing 1 gelas). 
  5. Rematik dan pegal linu. Cuci 3 lembar daun pandan, iris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk hingga merata. Setelah dingin, gosokkan pada bagian yang sakit. 
  6. Menghilangkan ketombe. Tumbuk 10 lembar daun pandan sampai halus. Tambahkan 2 gelas air, saring dan usapkan pada rambut yang sebelumnya sudah dikeramas. Selanjutnya bilas dengan air bersih. 
  7. Gelisah. Cuci 2 lembar daun, iris tipis dan seduh dengan 1/2 gelas air panas. Setelah dingin, minum sekaligus. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari hingga terasa tenang. 
  8. Rambut rontok. Buat jus daun pandan. Oleskan pada akar rambut di pagi hari 1-2 jam. Kemudian bilas.
Selamat Mencoba

Ditulis Oleh : All About Women // 8:54 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment