Thursday, November 29, 2012

Tips Makanan Yang Tak Layak Konsumsi

Bila kita menyimpan makanan di lemari pendingin terlalu lama, biasanya akan terasa bau yang kurang sedap, untuk m,enghindari penyimpanan makanan yang kurang sehat, berikut ini ada beberapa makanan yang mungkin kurang baik bila terlalu lama di lemari pendingin.

1.  Cream Chesse
Tak seperti keju-keju lainnya, cream cheese paling baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Bila sudah berwarna hijau atau tumbuh jamur, segera buang. Jangan lupa, cek tanggal kadaluarsa. Bila sudah dibuka, segera habiskan dalam 10 hari.

2. Yogurt
Yogurt merupakan susu yang difermentasikan, sehingga kemungkinan untuk cepat basi juga besar. Beberapa tanda yogurt yang rusak adalah adanya tambahan aroma, jamur spora, atau tekstur kental yang berbeda dari yogurt saat masih segar.

3. Selada
Di kulkas, usianya hanya sekitar satu minggu. Selada yang segar haruslah berwarna hijau atau ungu kemerahan, tergantung jenisnya. Bila sudah layu dan berwarna kecoklatan, sebaiknya tak dikonsumsi.

4. Kentang
Umur kentang bisa panjang bila disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, tapi harus sering diperiksa. Satu saja kentang rusak, akan menulari kentang lain yang bersamanya. Bila kentang terasa keras saat diremas, berarti masih layak konsumsi. Namun, bila terasa lembek dan melesak ke dalam saat ditekan, berarti kondisinya sudah tak bagus lagi. Apalagi, bila kentang sudah berkecambah dan bau.

5. Ayam
Jangan menyimpan ayam mentah di kulas bagian bawah lebih dari 48 jam, dan konsumsilah ayam beku sebelum enam bulan. Ayam yang sudah basi memunculkan bau asam atau semacam amonia. Warna yang berubah atau daging yang berlendir juga jadi pertanda sudah waktunya membuang ayam Anda.

6. Steak
Godaan lezatnya steak terkadang membuat orang masih tetap menyantapnya meski mungkin si steak sudah “berumur”. Padahal, bahaya mikroorganisme seperti E.coli dan salmonella bisa mengancam. Coba perhatikan warnanya. Bila berubah warna menjadi abu-abu, tandanya sudah tak layak konsumsi. Bila dibaui, akan keluar aroma tengik. Untuk lebih meyakinkan, pegang dengan tangan Anda. Steak yang rusak akan mengeluarkan lendir.

7. Telur
Jika telur busuk digunakan untuk membuat makanan, bakteri salmonella siap berkembang biak di dalamnya. Untuk mengetahui telur masih bagus atau tidak, masukkan telur ke dalam semangkuk air. Telur yang sudah lama akan menyerap udara lewat cangkang yang berpori, sehingga akan mengambang atau berdiri di mangkuk. Sementara, telur yang segar sebagian sisinya akan tetap tidur di bagian bawah mangkuk.

Ditulis Oleh : All About Women // 6:24 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment